LATIHAN KEPEMIMPINAN INTERNAL BEM UNTAR PERIODE 2020/2021

Setiap pergantian periode dan kepengurusan, BEM UNTAR selalu mengadakan Latihan Kepemimpinan Internal (LK Internal). LK Internal merupakan salah satu program kerja BEM UNTAR yang sangat penting, dimana pelatihan ini diadakan dan dikhususkan bagi anggota internal BEM UNTAR yang bertujuan untuk melatih setiap anggotanya untuk menjadi pemimpin, dapat bekerjasama dengan tim, menjadikan setiap anggota menjadi pribadi yang aktif, kreatif, memiliki tanggung jawab, dan dapat bekerja dengan baik untuk bersama-sama dapat mencapai tujuan BEM UNTAR.

 

Tema yang diambil dalam LK Internal periode 2020/2021 adalah TEMPO (Taking Enormous Steps to be Functional and Responsible in Organization) dan mengambil ide-ide dari waktu-waktu yang terjadi di dunia. LK Internal berlangsung selama lima hari pada tanggal 6 – 10 Februari 2021. Karena COVID-19 masih berlangsung hingga saat ini, LK Internal dilakukan secara online, dimana latihan kepemimpinan ini dilakukan di rumah masing-masing menggunakan Zoom. Rangkaian kegiatan LK Internal meliputi permainan games yang dilakukan secara berkelompok, membuat dan melaksanakan program kerja mengenai cara pencegahan perubahan iklim, serta dilengkapi dengan sesi seminar oleh Dosen Fakultas Psikologi, Ibu Denrich Suryadi, M. Psi. Psi sebagai pembicara.

 

Untuk kegiatan pembuatan dan pelaksanaan program kerja, para anggota BEM UNTAR terlebih dahulu membuat proposal kegiatan dan akan dipresentasikan selama berlangsungnya acara dan kemudian diseleksi oleh para panitia untuk bisa direalisasikan langsung. Hingga diseleksi menjadi tujuh kelompok dan mereka melaksanakan acara yang mereka sudah buat selama dua hari. Kegiatan ini bertujuan agar tiap anggota dapat belajar bagaimana untuk bekerja secara cepat, baik, dan dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai dengan baik sehingga memiliki jiwa kerja yang efektif. LK Internal ini dikemas tidak hanya menjadi landasan pembangunan karakter, tetapi juga menjadi acara yang menyenangkan untuk membangun hubungan interpersonal setiap anggota yang ada.