Kambing Hitam Investasi Bodong Binomo;

Masyarakat Sebenarnya Tahu atau Tidak Tahu?

 

Kastrat Polri #4

Latar Belakang

Berinvestasi merupakan salah satu cara masyarakat untuk mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu tertentu dari modal yang mereka tanam sebelumnya. Dengan berinvestasi, si penanam modal berharap bahwa modal yang mereka tanam dapat dikelola dengan baik sehingga keuntungan yang mereka dapat juga mampu menutupi modal tersebut. Bahkan terkadang para penanam modal atau lebih dikenal dengan kata para investor berani menginvestasikan modal dalam jumlah yang besar atau aset berharganya.

 

Gojlokan ekonomi di masa pandemi COVID-19 kini pada dasarnya mendorong manusia untuk mempelajari berbagai hal baru untuk mendapatkan uang. Mengingat bahwa sifat alami manusia yaitu ingin mengumpulkan sebanyak-banyaknya uang tanpa harus bekerja dari pagi sampai malam. Maka dari itu, ciri khas investasi bodong sangat memenuhi impian masyarakat tertentu. Ciri investasi bodong adalah menjanjikan keuntungan besar dalam waktu yang singkat.

 

Salah satu contoh investasi bodong yang tengah ramai menjadi bahan perdebatan masyarakat adalah binary option, khususnya pada platform Binomo. Selain tidak adanya legalitas, tidak ada kegiatan jual beli atau trading komoditas di dalamnya, tindakan tersebut tidak diakui karena tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 1 Angka 8 Undang-Undang No 10 Tahun 2011 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi. Binary option hanya memuat kontrak berupa pemberian hak kepada pembeli untuk membeli atau menjual Kontrak Berjangka atau Komoditi tertentu pada tingkat harga, jumlah, dan jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan membayar sejumlah premi.

 

Melalui binary option, pemain hanya menebak pergerakan candlestick atau grafik harga yang tidak memiliki kejelasan dasar pergerakan tersebut. Pilihan pemain memiliki konsekuensi, jika pilihan tersebut tepat maka akan mendapatkan keuntungan tetapi jika salah pemain akan kehilangan sejumlah uang yang telah dimasukkan. Tindakan yang mengandalkan keberuntungan atau mungkin dikenal dengan istilah “hoki-hokian” tersebut nyatanya dinilai serupa dengan tindak perjudian online. 

 

Dewasa ini, masyarakat terus mengawal penanganan kasus seorang tokoh publik. Kerap disebut sebagai crazy rich dikarenakan gaya hidupnya yang dianggap bergelimang harta, Indra Kesuma, kini menjadi salah satu tersangka kasus dugaan penipuan binary option platform Binomo. Pasalnya, Indra Kesuma atau akrab disapa dengan nama Indra Kenz merupakan afiliator binary option platform Binomo yang membuat berbagai konten edukasi trading di akun media sosialnya.

 

Minimnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang investasi serta kondisi ekonomi masyarakat pada masa pandemi menjadi sasaran empuk para afiliator investasi bodong dengan memberikan harapan berupa keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat. Maka dari itu, untuk dapat terhindar dari jebakan investasi bodong, diperlukan sebuah pemahaman praktis mengenai investasi secara umum, sehingga masyarakat dapat memilah bagaimana kegiatan investasi yang sesungguhnya serta tidak melawan hukum.

 

Pembahasan

A. Masyarakat Pengguna Investasi Bodong; Korban atau Pelaku?

Sejumlah orang memiliki keinginan untuk menjamin masa depan mereka dengan memperoleh pendapatan atau keuntungan secara pasif setiap waktunya. Karena dengan keinginan yang kuat tersebut mereka mulai mewujudkannya dengan cara berlomba-lomba untuk melakukan penanaman modal dengan harapan bisa memperoleh keuntungan dimasa mendatang. Hal penanaman modal tersebut yang sering kita kenal dengan istilah investasi.

 

Dalam peraturan pasar modal di Indonesia, dasar hukum mengenai investasi sudah di atur dalam UU No. 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal. Pada dasarnya UU ini membahas tentang investasi atau penanaman modal yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. Penanaman modal dalam negeri yaitu kegiatan penanaman modal yang dilakukan oleh para investor lokal, sedangkan penanaman modal yang dilakukan di luar negeri yaitu penanaman modal yang dilakukan oleh para investor asing. Selain itu tujuan yang ingin disampaikan dari UU ini yaitu dengan adanya investasi diharapkan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara dengan memperbanyak lapangan pekerjaan sehingga dapat mensejahterakan masyarakat. 

 

Walaupun dengan adanya dasar hukum tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia masih saja terbuka terhadap berbagai jenis investasi yang tidak memiliki asal usul yang jelas. Hal tersebut juga didukung dengan adanya perkembangan teknologi yang dengan mudah diakses oleh siapapun, sehingga transaksi dalam berinvestasi dapat dilakukan dengan leluasa. Sehingga banyak bermunculan berbagai investasi bodong yang sangat merugikan masyarakat.

 

Pasalnya, baru-baru ini masyarakat digemparkan dengan kasus investasi bodong yang melahap miliaran uang masyarakat. Binomo adalah salah satu platform yang menyediakan layanan binary option bagi para penggunanya. Hal yang perlu digaris bawahi adalah binary option lebih mengarah ke perjudian dibanding trading. Binomo dikatakan ilegal karena broker tersebut tidak memiliki izin usaha sebagai Pialang Berjangka dari Bappebti sebagaimana diatur dalam  Pasal 31 ayat (1) UU No 32 Tahun 1997 yang berbunyi “Kegiatan usaha sebagai Pialang Berjangka hanya dapat dilakukan oleh Anggota Bursa Berjangka yang berbentuk perseroan terbatas yang telah memperoleh izin usaha Pialang Berjangka dari Bappebti”. Lebih lanjut, Bappebti telah memblokir situs-situs investasi ilegal di Indonesia.

 

Adapun yang mempengaruhi masyarakat terjerumus dalam lingkaran investasi bodong terbagi menjadi tiga faktor, sebagaimana dijelaskan oleh Tongam L Tobing selaku Ketua Satgas Waspada Investasi. Faktor pertama, sifat alami manusia yang ingin memperoleh uang dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat dan cara yang instan. Alhasil, manusia cenderung terlena dengan iming-iming yang diberikan oleh beberapa platform investasi bodong. Faktor kedua, tidak sedikit masyarakat yang pada dasarnya mengetahui risiko dan potensi kerugian tetapi tetap nekat untuk berinvestasi dengan harapan meraih keuntungan daripada tidak sama sekali. Faktor ketiga atau yang terakhir, rendahnya tingkat literasi keuangan masyarakat atas investasi dan perkembangan teknologi digital yang masif.

 

Bagi masyarakat tertentu yang pada hakikatnya mengetahui bahwasanya platform investasi yang digunakan bukanlah investasi legal, maka masyarakat sejatinya menyadari risiko yang dapat terjadi. Pertanyaannya adalah ketika seseorang sudah mengetahui fakta bahwa platform yang digunakan merupakan wadah ilegal tetapi tetap menggunakan platform tersebut dapat dikatakan sebagai korban? 

 

Terdapat dua sudut pandang yang berbeda untuk menilai apakah pengguna platform Binomo merupakan korban atau pelaku. Sudut pandang pertama, individu yang terlibat tidak mengetahui bahwa platform investasi yang mereka gunakan merupakan judi online yang berkedok investasi. Sudut pandang kedua, para korban mengetahui namun mengaku terhasut oleh dorongan beberapa tokoh masyarakat yang mengiklankan platform tersebut.

 

Pada hakikatnya, tidak ada kejahatan tanpa ada korban. Meski demikian, terdapat kejahatan yang terjadi tanpa adanya korban atau dalam kata lain korban dari kejahatan itu merupakan pelaku sendiri, contohnya perjudian. Akan tetapi, penderitaan yang dialami korban merupakan salah satu pertimbangan dalam melakukan tindakan kriminalnya perlu digaris bawahi. Adapun Soedarto berpendapat bahwasanya dalam kriminalisasi harus diperhatikan mengenai suatu perbuatan yang perlu dicegah atau ditanggulangi dengan hukum pidana harus merupakan perbuatan yang tidak dikehendaki, yaitu perbuatan yang mendatangkan kerugian, baik dari segi material maupun spiritual atas warga masyarakat.

 

B. Kambing Hitam Investasi Bodong

Investasi tidak akan bisa lepas dengan adanya peran afiliator. afiliator sendiri merupakan orang yang dibayar oleh suatu perusahaan untuk memasarkan produk atau layanan dari perusahaan tersebut. Pada masa pandemi covid 19, para afiliator investasi bodong mulai ramai bermunculan di berbagai platform media sosial untuk menjalankan aksi mereka, seperti memamerkan kehidupan mewah mereka di media sosial. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi masyarakat yang sedang dalam masa kesusahan finansial untuk menginvestasikan uangnya pada platform investasi bodong tersebut.

 

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) mengungkap adanya beberapa modus yang dilakukan oleh para afiliator diantaranya yaitu penggunaan voucher yang diterbitkan oleh perusahaan exchanger, transfer dana ke perusahaan penjual robot trading, bahkan penyamaran dana yang berasal investasi ilegal melalui sponsorship. Kepala PPATK Ivan Yustiavandana juga menyatakan bahwa para afiliator ini juga mengiming-imingi calon investor dengan barang-barang mewah, mengatasnamakan perusahaan yang statusnya legal secara hukum, dan menggunakan nama saudara pelaku pada wallet exchanger guna untuk menyamarkan pembelian aset kripto di perusahaan bursa. 

 

Mengutip laman CNBC Indonesia, dari 118 korban yang melapor, diketahui total kerugian mencapai Rp 72,139 miliar. Menurutnya, para korban yang melapor mulai merasakan kejanggalan sejak pertengahan tahun 2020 hingga 2021. Saat itu sejumlah korban mulai mendapat informasi bahwa Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memblokir aplikasi Bbappetiinomo.

 

Indra Kesuma, kini menjadi salah satu tersangka kasus dugaan penipuan binary option platform Binomo. Pasalnya, Indra Kesuma atau akrab disapa dengan nama Indra Kenz merupakan afiliator binary option platform Binomo yang membuat berbagai konten edukasi trading di akun media sosialnya. Indra Kenz ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan binary option platform Binomo pada tanggal 24 Maret 2022 dengan ancaman pidana penjara maksimal 20 tahun.

 

Lebih lanjut, keterlibatan Indra Kenz dalam kasus binary option dimulai melalui berbagai konten yang diunggah melalui Youtube pribadinya. Indra Kenz mengakui bahwa dirinya pernah menyatakan bahwa aplikasi Binomo merupakan aplikasi resmi atau legal di Indonesia. Akan tetapi, di tahun 2020 Indra Kenz membuat sebuah klarifikasi yang menyatakan dirinya salah dan keliru.

 

Adapun berdasarkan pengakuan dari pelapor, tidak ada individu yang menjadi korban tanpa adanya keterlibatan dari afiliator. Adapun kejanggalan maupun laporan yang masuk terkait afiliator adalah sebagai berikut:

  1. Para afiliator binary option menggunakan saldo palsu.
  2. Saldo pengguna menghilang secara tiba-tiba.
  3. Akun pengguna yang sudah memperoleh keuntungan hingga ratusan juta tiba-tiba diblokir oleh pihak aplikasi.
  4. Terjadi eror pada aplikasi secara tiba-tiba pada saat posisinya sedang profit bagi pengguna.
  5. Grafik candlestick yang terlihat oleh akun yang satu dan lainnya berbeda-beda.
  6. Akun afiliator seakan-akan tengah melakukan withdraw atau penarikan profit, namun ternyata hanyalah akun palsu.

 

C. Karakteristik Investasi Resmi di Indonesia

Menurut Kepala Satuan Tugas Tongam L Tobing, Pemerintah akan memberikan edukasi kepada masyarakat akan pemahaman investasi agar masyarakat menjadi lebih pintar dan memberi kesulitan terhadap para pelaku investasi bodong. Dengan diberikan edukasi ini, pemerintah berharap bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat, juga membantu negara dari yang berkembang akhirnya menjadi maju. Pemerintah juga akan melakukan sosialisasi ke tempat rawan investasi bodong agar masyarakat terhindar dan paham akan bahaya investasi bodong. Kementerian Informasi dan Komunikasi berusaha memblokir situs-situs website yang dirasa mencurigakan. Pihak Kominfo juga akan bekerja sama dengan kepolisian agar bisa memberikan efek jera kepada para pelaku.

 

Otoritas Jasa Keuangan atau yang lebih dikenal sebagai OJK membantu menangani kasus investasi bodong dengan menerapkan early warning system. Early warning system merupakan rancangan OJK yang dapat memprediksi potensi tekanan pada sektor jasa keuangan Indonesia. Dengan diciptakannya rancangan ini, OJK berharap bisa melakukan upaya pencegahan dan penyelamatan saat terjadinya kondisi tekanan untuk mereduksi dampak negatif yang terjadi. Adapun salah satu Langkah preventif yang telah dilaksanakan adalah memperkenalkan produk dan layanan jasa keuangan yang aman sekaligus menguntungkan bagi masyarakat.

 

Pemerintah bersama Lembaga lain (OJK, Kominfo, hingga BKPM) rutin mengadakan pertemuan untuk mencegah praktik investasi bodong di Indonesia. Diharapkan dengan adanya satuan tugas ini , bisa menciptakan iklim investasi yang lebih baik. “Dengan adanya satgas ini, kami bertujuan menjaga keamanan masyarakat dalam berinvestasi. Semoga 'tujuh samurai' ini bisa efektif,” kata Jaksa Agung HM Prasetyo. “Sehingga masyarakat terlindungi dari upaya kejahatan berkedok investasi dan atau lebih menyadari konsekuensi serta resikonya jika dihadapkan pada tawaran yang memberi imbal yang di luar batas kewajaran," ujar Muliaman.

 

Adapun ciri-ciri investasi bodong yang bisa dihindari yaitu memberitahu keuntungan tinggi dalam waktu singkat seperti jumlah keuntungan yang mencapai 40-50% dalam kurun waktu satu tahun. Selain itu, ada juga bonus perekrutan baru, dimana investor diminta untuk menyetor sejumlah uang yang nantinya akan mendapat komisi. Mencantumkan foto dari tokoh publik, ini dilakukan agar menarik perhatian masyarakat. Tentu saja, banyak masyarakat yang terkena penipuan dengan omong belaka ini. Maka dari itu, masyarakat harus lebih waspada terhadap investasi seperti ini dan mau meneliti lebih lanjut.

 

Penting bagi masyarakat untuk memahami karakteristik investasi resmi yang ada di Indonesia. Pertama, pastikan unsur-unsur legalitas perusahaan. Dalam kata lain, masyarakat perlu bersikap kritis dalam menilai sebuah perusahaan. Apakah investasi tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum, kalau belum maka investasi tersebut patut dicurigai. Selanjutnya adalah pilih jenis investasi yang tepat, masyarakat harus mengerti tentang detail produk yang akan diinvestasikan, mungkin masyarakat juga bisa berkonsultasi dengan orang yang lebih paham tentang investasi. Kemudian, kenali risiko investasi, dengan berinvestasi maka harus siap dengan segala resiko tetapi masyarakat juga harus curiga jika ditawarkan keuntungan yang besar dengan risiko yang relatif kecil.

 

Kesimpulan

Maraknya kasus investasi bodong yang terjadi di indonesia sangat merugikan masyarakat yang menanamkan  modal mereka pada investasi bodong tersebut. Ajakan dari para afiliator yang menawarkan kekayaan dan kemewahan secara instan dan mudah, membuat masyarakat menjadi semakin tergiur dengan investasi bodong tersebut. Di sisi lain para pelaku judi online juga mulai memanfaatkan keadaan tersebut dengan membuat sebuah platform investasi namun cara kerja atau pengoperasiannya seperti kegiatan berjudi. 

 

Melalui Kominfo, OJK, BKPM dan kepolisian saling bekerja sama untuk menanggulangi dan mencegah masalah investasi bodong, dengan memblokir situs-situs website investasi bodong yang dianggap mencurigakan, menerapkan early warning system, serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dan untuk masyarakat sendiri diharapkan lebih mengerti dan selektif lagi dalam memilih sebuah investasi agar tidak mudah tertipu oleh para afiliator investasi bodong.  

 

Dengan ini kita dapat mengetahui bahwa walaupun berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah dalam menangani dan mencegah kegiatan investasi bodong ini, semuanya itu akan menjadi sia-sia jika masyarakat masih saja mudah tergoda dengan rayuan atau ajakan dari para afiliator untuk mengikuti investasi tersebut dengan iming-iming  menjadi kaya secara instan. Sehingga perlu diingat bahwa kekayaan dan kemewahan yang dimiliki dengan mudah, akan dengan mudah juga menghilang. Namun dengan kekayaan yang didapatkan dari usaha dan kerja keras, tidak akan mudah menghilang. 

 

 

 

REFERENSI

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/03/26/074500181/jangan-sampai-tertipu-ini-ciri-ciri-investasi-bodong-yang-perlu-diwaspadai?page=all

https://money.kompas.com/read/2022/04/06/191000926/tiga-faktor-ini-bikin-orang-masih-terjebak-investasi-bodong

https://money.kompas.com/read/2022/03/29/134737426/belajar-dari-kasus-afiliator-binary-option-ini-tips-menghindari-investasi

https://www.hukumonline.com/klinik/a/langkah-melawan-investasi-bodong-lt5de0c11642030

https://money.kompas.com/read/2021/06/04/155444726/apa-yang-dimaksud-dengan-investasi?page=all

https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/26608/undangundang-nomor-25-tahun-2007/document

https://news.detik.com/berita/d-6030537/ppatk-bongkar-patgulipat-afiliator-investasi-bodong-sembunyikan-harta

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220118195220-78-748287/kerugian-masyarakat-gara-gara-investasi-ilegal-capai-rp1174-t

https://finance.detik.com/moneter/d-4837454/investasi-bodong-marak-terjadi-pemerintah-harus-apa

https://ojk.go.id/id/riset/staff-paper/Documents/SP.15.01%20Sistem%20Peringatan%20Dini%20Sektor%20Jasa%20Keuangan.pdf

https://kominfo.go.id/content/detail/8996/strategi-ojk-cegah-investasi-bodong-menjamur-di-masyarakat/0/sorotan_media

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20160622083903-78-140007/pemerintah-deklarasikan-perang-melawan-investasi-bodong

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/03/26/074500181/jangan-sampai-tertipu-ini-ciri-ciri-investasi-bodong-yang-perlu-diwaspadai?page=all

https://money.kompas.com/read/2021/04/12/060900626/simak-3-tips-untuk-menghindari-investasi-bodong?page=all

https://www.liputan6.com/crypto/read/4875600/fenomena-binary-option-judi-berkedok-trading-yang-bikin-resah

https://finance.detik.com/moneter/d-5988026/cara-mengenali-jasa-investasi-bodong-biar-nggak-tertipu-binomo-cs

https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/03/173000065/mengenal-binary-option-alasan-mengapa-disebut-judi-dan-bahayanya?page=all

https://www.cnbcindonesia.com/investment/20220510165232-21-337911/binomo-makan-118-korban-kerugian-hingga-rp-72-m