HARGA BBM NAIK, INDONESIA APA KABAR?;
DAMPAK KENAIKAN BBM TERHADAP MASYARAKAT

 

HARGA BBM NAIK, INDONESIA APA KABAR?

Pada tanggal 3 September 2022 pukul 14.30 WIB, Presiden Negara Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo mengumumkan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik secara drastis. Pertalite dinaikkan dari harga Rp7.650,00 menjadi Rp10.000,00 per liter (+30%), Solar subsidi dari harga Rp5.150,00 menjadi Rp6.800,00 per liter (+32%), dan Pertamax naik dari harga Rp12.500,00 menjadi Rp14.500,00 per liter (+16%) seperti yang sudah dikatakan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Bapak Arifin Tasrif saat mendampingi Presiden Jokowi. Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa anggaran subsidi pemerintah sudah naik 3 kali lipat dari 152,5 triliun rupiah menjadi 502,4 triliun rupiah dan akan terus meningkat. Lebih dari 70% subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik kendaraan mobil pribadi.

 

Di tengah masa perekonomian masyarakat Indonesia yang belum kembali normal dan banyak masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap karena mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pemerintah mengumumkan keputusannya untuk menaikkan harga BBM. Masalah mengenai kenaikan harga BBM ini tidak dikomunikasikan dengan baik oleh pemerintah kepada masyarakat sehingga pengumuman kenaikan harga BBM ini tidak diketahui oleh masyarakat dan terkesan mendadak. Hal tersebut dianggap cukup membebani masyarakat terutama bagi para pengendara. 

 

Berikut daftar harga BBM (05/09/2022):

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan mengamati data di atas, dapat diketahui bahwa kenaikan harga BBM cukup tinggi dan menyebabkan berbagai dampak kepada masyarakat. Salah satunya, seperti meningkatnya biaya kehidupan di Jakarta yang akan menimbulkan reaksi berantai sampai melonjaknya tingkat kemiskinan.

 

Setelah mengumumkan kenaikan harga BBM, pemerintah juga menyiapkan program bantuan sosial untuk masyarakat berupa:

  1. Bantuan Langsung Tunai (BLT), BLT ini akan diberikan kepada 20,65 juta penerima sehingga pemerintah memperhitungkan anggaran yang dibutuhkan sebesar 12,4 triliun rupiah. Jumlah bantuan yang akan diberikan adalah sebesar Rp150.000,00 yang akan disalurkan selama 4 bulan terhitung sejak September 2022, sehingga total bantuan sebesar Rp600.000,00 per penerima yang akan disalurkan melalui Pos Indonesia dalam dua termin dengan jumlah masing-masing Rp300.000,00.
  2. Bantuan Subsidi Upah (BSU), dalam program BSU ini pemerintah mempersiapkan anggaran sebesar 9,6 triliun rupiah dan akan disalurkan kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimal 3,5 juta rupiah per bulan. Masing-masing pekerja akan mendapatkan BSU senilai Rp600.000,00 yang akan diberikan secara sekaligus. Tidak termasuk PNS, TNI, Polri, dan orang-orang yang sudah menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan dan bantuan produktif untuk usaha mikro.
  3. Bantuan angkutan umum, Pemerintah Pusat meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengeluarkan anggaran sebesar 2,17 triliun rupiah untuk membantu sektor transportasi di daerah yang ditujukan bagi para pengemudi angkutan umum, tukang ojek dan nelayan. Sumber dana yang dikeluarkan Pemda berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) yang masing-masing sebesar 2%.

 

Dampak Kenaikan Harga BBM :

Harga BBM Naik, Tingkat Inflasi Juga Naik

Diketahui pada bulan Agustus 2022, tingkat inflasi umum Indonesia berada di level 4,69% dan inflasi inti di level 3,04%. Dengan adanya peristiwa kenaikan harga BBM saat ini, tingkat inflasi dapat berpotensi naik sebesar 2% sehingga diprediksi inflasi umum akan berada di level 6% dan inflasi inti naik di atas 4% di bulan September 2022. Dampak dari tekanan inflasi yang tinggi ini dapat menyebabkan semakin banyaknya masyarakat yang jatuh miskin dan semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Menurut prediksi Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, lonjakan inflasi salah satunya dipengaruhi oleh adanya kenaikan BBM dengan tingkat inflasi sebesar 1,35%. Pihak Bupati Tulungagung, Muryanto Birowo, juga mengaku dengan kenaikan BBM pasti akan berpengaruh terhadap pergerakan ekonomi di tingkat bawah. Sebab naiknya harga BBM akan disertai dengan kenaikan barang dan jasa.

 

Harga BBM Naik, Kemenhub Segera Umumkan Penyesuaian Tarif Ojek Online 

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) turut dirasakan oleh salah satu driver ojol, Yosep (24) mengatakan tarif tersebut tidak signifikan dengan pengeluarannya membeli bensin. Dia mengaku pengeluarannya setelah harga BBM naik sangatlah besar mencapai 60 ribu rupiah hanya untuk membeli bensin. Sedangkan sebelum harga BBM naik, pengeluarannya hanya 30-40 ribu rupiah per hari. Beberapa langkah yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan adalah melakukan penyesuaian tarif angkutan umum kelas ekonomi, khususnya pada modal transportasi darat. Kajian yang akan terkait adalah tarif penumpang ekonomi angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Langkah tersebut diumumkan oleh Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan Indonesia. 

 

Kenaikan Harga BBM Memicu Aksi Demo dari Para Buruh

Kenaikan harga BBM baru-baru ini terjadi. Kenaikan tersebut memicu aksi demo di depan gedung DPR-MPR yang dilakukan oleh beberapa aliansi terorganisir yang terdiri dari: serikat buruh, petani, nelayan, guru honorer, pekerja rumah tangga, buruh migran, dan organisasi perempuan. 

 

Aksi demo ini mempunyai 3 tuntutan yang disampaikan oleh Said Iqbal selaku presiden dari KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia) yaitu:

  1. Menolak kenaikan harga BBM,
  2. Menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja,
  3. Meminta kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) dan Kota di tahun 2023 mendatang sebesar 10-30%.

 

Dengan 3 tuntutan tersebut, Said meminta kepada DPR untuk membentuk Panja (Panitia Kerja) atau Pansus (Panitia Khusus) BBM. Ia juga menambahkan bahwa BLT (Bantuan Langsung Tunai) sebesar Rp600.000,00 untuk 4 bulan tidak mencukupi. Di akhir kata, Said Iqbal menegaskan bahwa aksi akan berjalan sampai Desember 2022 bila tidak segera diteruskan oleh DPR. Setelah aksi berakhir, akan diadakan aksi seluruh kabupaten kota bersama mahasiswa.

 

Alasan Harga BBM di Indonesia Tetap Naik Meski Harga Minyak Dunia Turun 

Rata-rata Indonesia Crude Price (ICP) minyak mentah Indonesia pada bulan Juli 2022 turun dari US$117,62 per barrel ke US$106,73 per barrel (turun $10,89). Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyebutkan bahwa rata-rata harga tahun ICP (Indonesian Crude Price) masih tinggi. Menurut perhitungannya, jika harga ICP turun $90 per barrel maka rata-rata harga tahun ICP berkisar US$98,8 per barrel sehingga belanja subsidi energi tetap naik dari anggaran pemerintah yang sebesar 502,4 triliun rupiah menjadi 653 triliun rupiah (pemerintah membutuhkan sekitar 151 triliun rupiah). Jika turun di bawah US$90 per barrel, maka rata-rata harga tahun ICP berkisar US$97 per barrel. Jika harga ICP turun di bawah $85 per barrel sampai bulan Desember, pemerintah membutuhkan sebesar 138 triliun rupiah.

 

Bila harga BBM tidak dinaikkan dengan harga ICP yang masih tinggi, maka akan membebankan anggaran APBN dan pemerintah tetap harus menanggung biaya tambahan tersebut. Jika dibiarkan akan menyebabkan runtuhnya perekonomian negara.

 

Ancaman Kuota Pertalite dan Solar Habis di Tengah Kenaikan Harga BBM

Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani menegaskan bahwa kuota Pertalite dan Solar akan habis pada Oktober 2022. Ancaman tersebut akan terjadi apabila pemerintah tidak melakukan pembatasan penjualan. Berdasarkan perhitungan pemerintah, rata-rata konsumsi Pertalite dan Solar sekitar 2,4 juta - 2,5 juta kl (kiloliter) per bulan. Dengan demikian, total kuota Solar yang dibutuhkan mencapai 17,44 juta kl (kiloliter) dan Pertalite 29,07 juta kl (kiloliter) sampai akhir 2022. Dengan penambahan kuota tersebut, pemerintah harus siap menanggung tambahan anggaran subsidi sebesar 195,6 triliun rupiah.

 

Menurut Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani apabila kejadian ini terus dibiarkan berdasarkan konsesi harga minyak dan kurs, serta melebihi kuota maka kita perlu menambah anggaran subsidi dan kompensasi dari 502 triliun rupiah ditambah dengan 195,6 triliun rupiah, sehingga total jumlah subsidi adalah 698 triliun rupiah. Dalam konferensi pers sebelumnya, Kementerian Keuangan menyebutkan bahwa hampir sekitar 80% anggaran subsidi Pertalite dikonsumsi oleh pemilik mobil dan sisanya pemilik motor. Sedangkan untuk Solar, hampir 95% dikonsumsi oleh masyarakat yang mampu.

 

Bagaimana Respon Para Wakil Rakyat Kita?

Pada hari Selasa tanggal 6 September 2022, ribuan buruh dan mahasiswa melakukan aksi demo atas penolakan akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di depan Gedung DPR. Ribuan buruh berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di depan gerbang utama Kompleks Parlemen atau gedung DPR RI. Massa yang melakukan aksi di luar Gedung DPR sama sekali tidak ditemui oleh jajaran pimpinan. Hanya anggota Komisi VII Fraksi PKS, Bapak Mulyanto yang menemui massa, usai Fraksi PKS melakukan walk-out di tengah rapat paripurna. Sementara, diwaktu yang bersamaan, Ketua DPR Puan Maharani mendapatkan kejutan ulang tahun di tengah rapat paripurna. Seluruh anggota DPR menyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' karangan Jamrud dan bertepuk tangan. Awalnya, di tengah rapat, terdengar ucapan selamat ulang tahun dari pengeras suara. Ucapan itu kemudian disusul oleh nyanyian lagu yang diikuti oleh seluruh anggota DPR. Mereka tampak berdiri dan bertepuk tangan. Dari kursi pimpinan Ketua DPR, Ibu Puan Maharani, ikut berdiri dan terlihat senang sekaligus bertepuk tangan.

 

Kesimpulan

Harga BBM yang dikeluarkan oleh pemerintah memang masih relatif lebih murah dibandingkan dengan harga BBM yang dikeluarkan oleh Perusahaan Swasta, namun dengan terjadinya kenaikan harga BBM masyarakat Indonesia khususnya di kalangan masyarakat menengah ke bawah karena himbauan kenaikan harga BBM yang tidak disampaikan dengan baik oleh pemerintah, cenderung sangat sulit dipahami dan tidak konsisten. Pemerintah sudah menyiapkan beberapa program bantuan sosial yang diharapkan dapat membantu masyarakat yang terkena dampak negatif. Namun, apakah hal tersebut sudah memperbaiki situasi? Dan apakah ini akan bertahan dalam jangka panjang? Jika harga BBM ini sekiranya tidak dapat dipulihkan kembali, kami mengharapkan agar pemerintah dapat meningkatkan kualitas dan juga kuantitas layanan transportasi publik dengan tarif yang semurah-murahnya agar dapat dijangkau oleh masyarakat, memaksimalkan keefektifan dari program-program bantuan sosial yang sudah dibentuk (TOLONG UNTUK TIDAK DIKORUPSI SEPERTI KASUS TERDAHULU), dan diharapkan agar pemerintah dapat lebih transparan mengenai dana yang dibutuhkan untuk memproduksi BBM agar masyarakat dapat mengetahui dan memprediksi kenaikan harga BBM.


Dengan banyaknya kecaman dari berbagai pihak akibat kenaikan harga BBM ini hingga berujung demo besar-besaran, sikap pemerintah patut dipertanyakan kembali, Apakah kenaikan harga BBM ini akan terus berlanjut atau justru kembali normal? Lantas apa yang ada di dalam pikiran para wakil rakyat kita yang masih bisa bersenang-senang menyanyikan lagu selamat ulang tahun ketika para masyarakat sedang menyuarakan keresahan mereka karena kenaikan harga BBM?

 

REFERENSI

https://www.antaranews.com/berita/3096925/menkeu-ungkap-alasan-harga-bbm-naik-meski-minyak-dunia-turun

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220905081458-85-843238/daftar-harga-bbm-terbaru-pertamina-vivo-dan-shell

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220907094115-20-844411/kala-anggota-dpr-rayakan-ultah-puan-di-tengah-demo-kenaikan-bbm

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tren/read/2022/08/15/080500765/sinyal-kenaikan-harga-bbm-ini-prediksi-dan-dampaknya

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tren/read/2022/08/20/120500765/rencana-kenaikan-harga-bbm-dan-dampak-dampak-yang-ditimbulkan

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tren/read/2022/08/30/082900165/media-asing-sebut-kenaikan-harga-bbm-indonesia-kemungkinan-capai-40-persen

https://www.suara.com/bisnis/2022/08/26/184320/murkanya-sri-mulyani-beberkan-fakta-80-persen-subsidi-pertalite-dinikmati-orang-kaya

https://www.suara.com/bisnis/2022/08/26/192804/lagi-menkeu-sri-mulyani-tegaskan-kuota-solar-dan-pertalite-ludes-pada-oktober-2022

https://ihram.republika.co.id/berita/rhmuvb366/tiga-solusi-dari-buruh-terkait-kenaikan-harga-bbm

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5626577/program-pen-dinilai-bukti-negara-hadir-jaga-ekonomi-di-masa-pandemi

https://jdih.kemnaker.go.id/asset/data_puu/2022PMNaker010.pdf

https://news.detik.com/berita/d-6285184/tarif-naik-driver-ojol-pendapatan-sama-kenaikan-bbm-nggak-signifikan